Lingkungan Hidup dan Pengaruh Siswa

Lingkungan hidup, tentu kita telah banyak ataupun kita telah sering mendengar kata tersebut di kehidupan kita. Tapi, tahukah kamu apa lingkungan hidup itu? Tentu masih banyak pertanyaan yang ada dibenak untuk diutarakan mengenai lingkungan hidup. Maka dari itu sya membuat blog ini dengan tujuan utamanya adalah memberi sedikit informasi dan pembahasan tentang apa itu lingkungan hidup.
Sebelum membahas tentang lingkungan hidup, ada baiknya kita mengenal sedikit bagian yang termasuk upaya melestarikan lingkungan hidup, yaitu penghijauan. Kita harus menyadari arti penting penghijauan apalagi kita hidup dikota. Kemajuan tekhnologi atas modernisasi memang menawarkan kemewahan, tetapi dibalik kemewahan itu tersembunyi bahaya pencemaran yang mematikan. ( Dikutip dengan perubahan seperlunya: Satrio Wiweko dalam BUMIKU BERSELIMUT KABUT).

Sejalan dengan pendapat diatas, SMPN 2 SUMENEP sebagai salah satu yang disebut lingkungan hidup, harus mengoptimalkan penanganan penghijauan. Dan pembangunan yang dilaksanakan harus seimbang dengan upaya-upaya pelestarian lingkungan. Salah satu hal yang membuat lingkungan SMPN 2 SUMENEP kurang indah dan bersih adalah kurang tepatnya penataan ruang dan kurangnya kesadaran dari warga SMPN 2 SUMENEP.
Hal diatas dibuktikan dengan masih banyaknya siswa-siswi SMPN 2 SUMENEP yang membuang sampah sembarangan sehingga lingkungan menjadi kotor.
Tetapi, saya telah merasakan banyak perubahan yang telah terjadi di dalam SMPn 2 SUMENEP. Pada saat ini saya rasa semua warga sekolah telah mengoptimalkan upaya penghijauan. Hal itu terjadi karena kesadaran diri pada siswa sekarang lebih besar, hal itu juga didukung oleh upaya sekolah yang akan menjadikan SMPn 2 SUMENEP menjadi sekolah yang hijau. Dan dalam waktu yang relative singkat ini, semua warga sekolah telah memberi dampak bagi sekolah ini yaitu sekolah lebih indah dan tentunya sejuk.
Saya rasa SMPn 2 Sumenep telah berhasil menjalankan upaya penghijauan. Dan menurut saya ada baiknya apabila kegiatan ini dilakukan rutin agar tercipta hasil yang lebih optimal.
Tujuan penghijauan sendiri adalah menjadikan udara sejuk dan segar. Sedikit informasi bahwa udara adalah elemen penting bagi mahluk hidup yang mengandung berbagai gas. Dengan disebutkan bahwa udara adalah elemen yang penting bagi mahluk hidup, kita mengetahui bahwa udara mempunyai peran penting bagi mahluk hidup khususnya manusia.
Akan tetapi, tidak semua udara penting dan berguna bagi kita. Hal tersebut diakibatkan oleh karbondioksida, oksida nitrogen ataupun sejenisnya yang dikeluarkan berlebihan dari mesin. Tidak hanya itu, udara yang tidak penting atau yang biasa kita sebut udara kotor juga disebabkan oleh makin sedikitnya tumbuhan yang fungsi utamanya memproduksi oksigen karena terjadinya pembalakan liar, dan pengubahan ekosistem tumbuhan menjadisarana umum.
Udara kotor tersebut akan menimbulkan pencemaran. Pencemaran lingkungan tersebut disebabkan oleh tangan-tangan manusia sendiri yang akhirnya dampaknya dirasakan sendiri. Sebenarnya pencemaran tersebut mengakibatkan efek rumah kaca yaitu berlubangnya lapisan ozon, pemanasan global atau alam ( global warming ), hujan asam, pengikisan ozon dan radiasi nuklir.
Pencemaran lingkungan tersebut sebenarnya secara langsung atau tidak langsung disebabkan oleh kelalaian manusia. Dan mereka tidak menyadari perbuatan yang mereka lakukan, yang menyebabkan pencemaran lingkungan itu terjadi. Apakah sekarang Anda dapat menyimpulkan apa itu lingkungan hidup?
Ya, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan mahluk hidup termasuk manusia dan prilakunya yang mempengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Dengan demikian, maka kiranya kita bisa menjaga lingkungan hidup kita agar tercipta udara yang lebih sejuk dan segar serta lingkungan menjadi bersih dan indah, khususnya bagi warga SMPN 2 Sumenep
0 Responses